Selasa, 12 Agustus 2014

Kenalan yuk sama Palangkaraya

Palangkaraya...
    Palangkaraya adalah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah yang diberi julukan kota cantik. Julukan ini memang sangat tepat diberikan karena memang Palangkaraya adalah kota yang cantik dengan sistem penataan wilayah yang tepat dan indah karena banyak terdapat taman dan penghijauan wilayah yang ditujukan untuk mengurangi populasi dunia.

    Palangkaraya menjadi sangat terkenal akhir-akhir ini karena isu pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya. Palangkaraya dipilih sebagai calon ibu kota negara kerana wilayah yang luas, penataan yang cantik, potensi wisata yang menarik, dan yang paling menghebohkan adalah karena ide Bung Karno bahwa palangkaraya menjadi ibu kota negera sudah ada sejak awal kemerdekaan. Jejak sejarah itu terekam di bundaran utama Palangkara yang mempunyai jalan sebanyak delapan buah. angka delapan menyimbolkan jumlah provinsi yang ada di Indonesia pada saat itu.
   
    Penduduk asli Palangkararaya adalah suku dayak. Palangkaraya dapat dikatakan sebagai Indonesia kecil karena hampir seluruh suku yang ada di Indonesia ada di Palangkaraya. Walaupun dihuni berbagai etnik, Palangkaraya tetap aman dan kebudayaannya tidak luntur. Kebudayaan Dayak di Palangkaraya yang menjadi objek wisata paling menarik adalah proses upacara Tiwah dan sandung. Sandung adalah makam yang diisi oleh tulang belulang manusia yang sebelumnya telah dikubur didalam tanah. Tidak hanya itu, makanan khas Dayak yang sangat lezat dan khas juga menjadi incaran para wisatawan. Makan khas Dayak ini tentu sebagian besar bahannya menggunakan ikan sungai yang sangat banyak terdapat di Palangkaraya.

    Kalau waktu libur jangan lupa ya singgah di Kota Cantik ini, untuk menyaksikan keindahan kota, alam, kebudayaan yang masih terjaga, kebudayaan luar yang juga berkembang disini, tarian dayak yang sangat menantang dan sayang untuk dilewati dan jangan sampai ketinggalan makan ikan bakar, wadi, juhu singkah,kadas sarai dan masih banyak lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar