Selasa, 12 Agustus 2014

Apa itu Teknologi Pangan

Teknologi Pangan???

    Banyak orang yang asing mendengar program baru itu. Teknologi Pangan adalah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan hasil panen, memanfaatkannya seoptimal mungkin, dan diolah untuk meningkatkan daya jual. Teknologi ini menerapkan ilmu mikribiologis, kimia, da fisis yang digunakan pada pemrosesan, pengawetan dan pengemasan secara modern. Contoh hasil teknologi pangan seperti gambar di samping.

    Program studi (prodi) Teknologi Pangan yang ada kampus-kampus di Indonesia sudah cukup banyak karena peminat jurusan ini mulai bertambah dan menjadi salah satu jurusan favorit dan memiliki passing grade yang tinggi bahkan dibeberapa universitas besar di Indonesia Teknologi Panagn menjadi juran yang paling diminati. Universitas Muhammmadiyah Malang (UMM) sudah memiliki prodi ini sejak lama yaitu pada tahun 1993 dan telah berakreditadi B dibawah naungan Fakultas Peternakan dan Pertanian.


   Negara kita Indonesia kaya akan berbagai masam sumber daya alam, salah satunya bahan pangan. Sayangnya hal itu belum dapat memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia yang besar dan mengakibatkan bahan pangan utama rakyat Indonesia yaitu beras diimpor dari negara lain. Karena itulah, pemerintah mengadakan program diversifikasi bahan pangan berbasis produk lokal yaitu sebuah program yang memanfaatkan bahan lain sebagai sumber utama bahan pangan yang ada di Idonesia, contohnya gandum, sagu dan umbi-umbian. Sayangnya program ini kurang dapat terlaksana karena kebanyakan masyarakat Indonesia enggan untuk mengonsumsi bahan pangan utama selain beras. Permasalah ini harus segera diselesaikan, karena itu para ahli teknoli pangansangat dibutuhkan di Indonesia.

    Teknologi Pangan menjadi ilmu yang sangat dibutuhkan untuk mengurangi permasalah yang ada di Indonesia dan dapat menjadi peluang untuk industri global karena industri terbear di duniasaat ini dalah makanan. Permasalah di atas merupakan salah satu contoh peluang untuk para lulusan teknologi pangan. 
    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar